Cobain Google Phishing Quiz, Belajar Bedakan Email Asli atau Palsu


Serangan Phishing merupakan salah satu ancaman yang paling sering menghantui keamanan pengguna internet. Baru-baru ini, jumlah email phising yang dikirim terus meningkat tiap tahun. Untuk mencegah serangan phishing, Google bersama perusahaan teknologi inkubatornya, Jigsaw, membuat kuis singkat dan menyenangkan yang dapat dilakukan siapa pun untuk menguji keterampilan mereka dalam membedakan email asli atau email palsu.





Phishing sendiri adalah sebuah cara melakukan penipuan untuk mencuri data atau informasi penting dari akun target dengan cara memancing (fishing) target dengan mengirimi mereka sebuah pesan / email yang terlihat seperti asli, tapi tombol atau link dalam email jika diklik akan mengarah ke tujuan palsu, biasanya halaman yang meminta kalian untuk memasukkan informasi penting seperti nomor kartu kredit, kata sandi, dll. Para scammer menggunakan halaman itu untuk memanen data yang kalian masukkan dan kemudian mensalahgunakan data itu atas nama kalian.





Google Phishing Quiz ini sangat simple. Nantinya kalian akan disuguhi 8 pertanyaan kuis. Dengan menggunakan informasi dalam contoh email, kalian harus memilih apakah email itu asli atau palsu. Setelah kalian memilih, kalian akan diberutahu jawaban yang benar dan alasan kenapa email itu dianggap phishing atau tidak.





Mencoba Google Phising Quiz





Untuk mencobanya, kalian buka website Google Phising Quiz (link ada di bawah artikel). Setelah itu masukkan Nama dan Email, kalian bisa menggunakan nama dan email apa saja, tidak harus nama dan email asli kalian.









Setelah itu klik tombol "GET STARTED", lalu kalian akan diberi contoh-contoh email dan kalian harus memilih apakah itu email palsu (Phising) atau asli (Legitimate). Kalian bisa mencari tahu itu email palsu atau asli dengan mengarahkan kursor mouse ke link tautan atau tombol di contoh email tersebut, lalu perhatikan link tersebut mengarah kemana. Jika diarahkan ke link website yang tidak dikenal, kalian bisa mengira itu adalah sebuah tipuan atau phising. Lalu tekan tombol Phishing jika itu tipuan, atau tekan tombol Legitimate jika itu asli.









Jangan khawatir, meskipun kalian salah memilih itu email palsu atau asli, kalian akan tetap diberitahu jawaban yang benar, beserta alasan kenapa contoh email itu dianggap phising atau asli.









Setelah kalian menyelesaikan semua 8 kuis yang diberikan, di akhir nanti akan ditampilkan berapa skor kalian dalam menjawab kuis-kuis tersebut. Seperti contoh gambar di bawah ini, salah satu penulis Tekno Bytes mendapatkan skor 8/8 yang mana menjawab semua kuis dengan benar. Artinya penulis Tekno Bytes tersebut paham akan email asli atau email phishing. Jika kalian mendapat skor rendah, jangan berkecil hati, itulah yang diinginkan Google. Kalian bisa mencobanya lagi sampai kalian paham.









Apakah kalian jago bedakan email asli atau palsu? Coba peruntungan kalian dengan klik tombol di bawah ini untuk memainkan Google Phising Quiz. Setelah selesai, beri tahu kami di komentar skor akhir kalian!









Inti dari Google Phising Quiz ini adalah untuk menunjukkan kepada orang-orang betapa scammer sangat pintar dalam membuat email yang tampak mirip dengan aslinya dan membuat kalian terpancing untuk mengunjungi link tautan palsu yang membawa kalian ke halaman palsu yang membuat data kalian bisa dicuri.





Untuk melindungi dari insiden seperti itu di masa mendatang, Jigsaw menyarankan agar pengguna internet lebih berhati-hati dan memperhatikan segala email / pesan yang masuk di akun kalian. Jigsaw juga merekomendasikan untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor, yang mengharuskan pengguna memasukkan kata sandi dan kode verifikasi aman setiap kali masuk ke dalam akun mereka.






Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cobain Google Phishing Quiz, Belajar Bedakan Email Asli atau Palsu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel