Apa Bahaya Menggunakan VPN? Apakah Aman Pakai VPN?


Sejak hari Rabu lalu warga Indonesia mengeluhkan sosmed down. Facebook error, Whatsapp error, Instagram error, bahkan Twitter juga error.





Gangguan media sosial ini katanya memang dilakukan oleh pemerintah selama 2-3 hari kedepan sejak tanggal 22 Mei lalu. Dan alasannya adalah untuk meminimalisir tersebarnya berita hoax di sosial media.





Sosial media tidak bisa digunakan dengan bebas seperti biasanya karena koneksi yang dibatasi. Alhasil kita tidak bisa upload foto, buka video, bahkan parahnya tidak bisa mengirim pesan chat.





Meskipun sosial media sedang gangguan, banyak orang-orang yang melek teknologi yang masih bisa mengakses sosial media seperti biasa. Itu dikarenakan mereka menggunakan VPN untuk membuka sosial media.





Tapi, semudah itukah kalian menggunakan VPN, merelakan membuka akun Facebook, WA, atau sosial media lainnya menggunakan koneksi VPN? Apakah kalian tidak khawatir dengan keamanan privasi saat menggunakan VPN? Di sisi lain, Facebook saja sudah punya masalah privasi, dan kalian masih menggunakan VPN gratisan yang belum terjamin privasinya.





Disini kami tidak mau menakut-nakuti, ataupun melarang kalian untuk menggunakan VPN. Kami hanya memberi semacam warning dan mungkin saran agar kalian lebih berhati-hati dalam menggunakan VPN. Jadi sebelum kami beritahu bahaya menggunakan VPN, mari kita simak dulu sedikit penjelasan tentang apa sih VPN itu?





Apa itu VPN?





VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, sebuah metode koneksi yang memberi kalian koneksi anonim dan privasi saat menjelajah di internet. Dengan VPN juga memungkinkan kalian untuk mengakses konten yang dibatasi dan website yang diblokir.





Cara kerja VPN. Apakah aman pakai VPN?




VPN bekerja dengan membuat jaringan pribadi antara klien VPN (perangkat kalian) dan server VPN dengan koneksi yang biasanya dienkripsi. Kalian bisa menyebutnya sebagai "terowongan" aman yang memfasilitasi kelancaran transfer data antara perangkat kalian melalui internet dan server VPN.





Baik itu PC, tablet, atau smartphone, perangkat apa pun yang terhubung ke internet punya alamat Internet Protocol (IP) yang unik. Kalau kalian tidak menggunakan VPN, pihak ketiga bisa dengan mudah melacak lokasi geografis dan alamat IP kalian.





VPN menyembunyikan lokasi geografis kalian dengan mengganti alamat IP kalian dengan alamat server VPN.





Sebagian besar layanan VPN punya server mereka yang berlokasi di seluruh dunia. Dengan begitu, kalian bisa terhubung ke berbagai server di seluruh dunia.





Bahaya Menggunakan VPN





VPN mungkin memberi kalian koneksi anonim dan privasi, tapi nyatanya beberapa penyedia VPN (kebanyakan yang gratisan) memanfaatkan itu untuk mengambil informasi atau data pribadi kalian.





Berikut bahaya dan resiko menggunakan VPN:





1. Tingkat Keamanan Rendah





VPN gratis biasanya menggunakan protokol yang kurang aman dan tidak punya banyak sumber daya untuk mengamankan infrastruktur server mereka. Itu berarti koneksi kalian kurang aman dan lebih mungkin diretas oleh peretas dibandingkan dengan VPN premium.





Faktanya, studi independen dari CSIRO yang dilakukan pada tahun 2016 yang menganalisis 283 Android VPN, menemukan bahwa 38% dari mereka sudah mengandung malware (biasanya iklan).





2. Fitur dan Server Yang Sedikit





VPN gratis punya lebih sedikit fitur dan mereka tidak menawarkan fitur yang canggih seperti Kill Switch atau perlindungan kebocoran DNS. Yang lagi-lagi meningkatkan risiko dikompromikan.





Juga, infrastruktur mereka lebih terbatas dalam hal server. Mereka menawarkan lebih sedikit lokasi dan memiliki lebih sedikit server. Sementara mereka harus mempertahankan basis pengguna yang lebih besar.





3. Tidak Bisa Membuka Website Yang Diblokir





Salah satu fungsi VPN yang paling populer adalah untuk membuka blokir layanan yang dibatasi geografis, seperti website yang hanya bisa dibuka di negara tertentu.





Karena keterbatasan infrastruktur dan banyaknya pengguna VPN gratis, alamat IP jadi lebih cepat diblokir. Secara umum, VPN gratis sangat buruk untuk membuka blokir layanan apa pun.





4. Kecepatan Koneksi Lambat





Seperti yang telah kami sebutkan beberapa kali, infrastruktur server VPN gratis sangat buruk dan harus melayani banyak pengguna. Itu menyebabkan perlambatan dalam kecepatan koneksi internet, jadi download / upload menjadi sangat lambat. Kadang-kadang bahkan browsing biasa pun terasa menyebalkan.





Ini tidak akan terjadi kalau kalian punya VPN premium karena mereka bisa berinvestasi lebih banyak ke infrastruktur untuk mendapatkan server yang lebih baik / lebih banyak. Ditambah keseluruhan basis pengguna dan bandwidth lebih kecil.





5. Menjual Data Pribadi atau Bandwidth Kalian





Salah satu cara tidak langsung bagaimana penyedia VPN gratis bisa memperoleh uang dari pengguna gratis adalah menjual data browsing atau bandwidth mereka. Bagaimana cara kerjanya?





VPN gratis melacak perilaku online kalian seperti situs apa yang kalian kunjungi, bagaimana kalian bisa sampai di sana, apa yang kalian beli, dll. Dan kemudian menjual informasi ini kepada pihak ke-3. Biasanya agen pemasaran / iklan yang kemudian menjual profil kalian dan memungkinkan merek untuk menargetkan kalian.





Kalau kalian mau menggunakan VPN gratis, pastikan untuk membaca kebijakan privasi mereka dengan sangat hati-hati.





6. Iklan Agresif





Ini adalah hal yang wajib ada di layanan VPN freemium. Untuk mempromosikan produk premium mereka, mereka perlu menampilkan iklan kepada pengguna.





Beberapa VPN gratis bisa membajak browser kalian dan menampilkan iklan tambahan, menambahkan parameter afiliasi mereka ke dalam tautan, atau mengarahkan kalian ke website mereka.





Apakah aman menggunakan VPN?
Sumber : firststep-mi.org




Apakah Aman Menggunakan VPN?





Secara umum, kami cenderung mengatakan tidak aman menggunakan VPN, terlebih untuk membuka sosial media.





Pengalaman kami, akun tersuspend karena dianggap percobaan masuk yang tidak wajar. Habis login pakai IP Indonesia, terus pakai VPN, otomatis IP ganti menjadi IP luar negeri.





Tapi meskipun banyak orang tahu bahaya menggunakan VPN gratis, masih banyak juga orang di seluruh dunia yang mendownload dan menggunakannya, bahkan untuk membuka blokir sosial media.





Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian menggunakan VPN untuk mengatasi sosial media yang down ini? Atau kalian pasrah tidak memakainya karena tahu kalau tidak aman menggunakan VPN? Beri komentar kalian di bawah ini.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Apa Bahaya Menggunakan VPN? Apakah Aman Pakai VPN?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel