Taksi Terbang Pertama Lolos Uji Coba, Siap Rilis Global Tahun 2025


Sebelumnya kita punya sepeda motor terbang, dan kali ini muncul baru taksi terbang dalam bentuk jet. Ya, Lilium Jet adalah sebuah inovasi baru taksi terbang pertama di dunia, dan sekarang sudah lepas landas untuk pertama kalinya.





Lilium Jet dibuat oleh sebuah startup bernama Lilium, yang berbasis di Munich, Jerman. Didirikan pada tahun 2015 oleh Daniel Wiegand, Sebastian Born, Patrick Nathen dan Matthias Meiner dimana mereka berbagi visi bersama untuk merevolusi cara kita bepergian.






https://www.youtube.com/watch?v=8qotuu8JjQM




Penerbangan Pertama Lilium Jet





Dalam penerbangan pertamanya, Lilium Jet tidak bertahan lama. Dalam waktu kurang dari satu menit, Lilium Jet diluncurkan, melayang sedikit di udara dan kemudian mendarat lagi, semuanya dikendalikan dari jarak jauh.





Sementara penerbangan perdananya berlangsung pada 4 Mei lalu, mereka kini telah menganalisis data dan mengumumkan hasilnya. Lilium Jet mampu terbang sejauh 300km dalam waktu 60 menit.





Lilium Jet punya lima kursi, dan bukan satu mesin besar, tapi 36 mesin berukuran kecil. Mereka bisa dimiringkan 90 derajat untuk memungkinkan jet lepas landas dan mendarat tanpa landasan pacu. Karena sayap dan daya angkatnya, taksi udara jauh lebih cepat daripada helikopter. Prototipe yang sekarang ditampilkan harusnya sudah sangat dekat dengan produk akhir.





Lilium Jet, Taksi terbang pertama di dunia
Sumber : lilium.com




Lilium Jet dikatakan bisa terbang hingga 300 kilometer dengan satu kali pengisian baterai. "Bisa dibilang pesawat ini sebenarnya adalah baterai terbang," kata Wiegand. Baterai diproduksi secara eksternal tetapi dikembangkan oleh Lilium sendiri. "Baterai ini sangat ringan dan punya banyak sel. Yang memungkinkan kami untuk terbang dalam waktu yang lama," katanya.





Outputnya lebih dari satu megawatt, tapi Wiegand tidak mengungkapkan rincian lebih lanjut. Baterai harus punya kapasitas yang cukup untuk melakukan tujuh hingga delapan penerbangan pendek dalam kota besar. Setelah empat hingga lima menit waktu pengisian, baterai itu bisa bertahan untuk terbang 60km hingga 70km.





Lilium Jet Mulai Mengudara di Dunia tahun 2025





Perjalanan Lilium Jet masih panjang sebelum benar-benar bisa mulai mengudara menjadi layanan seperti taksi. Dalam waktu lima tahun kedepan, perusahaan berencana untuk mendapatkan persetujuan yang diperlukan dari otoritas keamanan agar bisa mulai beroperasi pada tahun 2025.





Awalnya, Lilium Jet akan diterbangkan oleh seorang pilot, tapi tujuan sebenarnya adalah untuk menjadikannya otonom terbang tanpa pilot.





Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian ingin menjajal inovasi baru taksi terbang pertama di dunia ini, atau kalian lebih memilih terjebak macet dengan taksi, angkot, atau bis?





Kita tunggu saja kedepannya, apakah Lilium Jet ini akan bisa dihadirkan di Indonesia, setidaknya kemacetan bisa sedikit teratasi dengan adanya transportasi udara ini.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Taksi Terbang Pertama Lolos Uji Coba, Siap Rilis Global Tahun 2025"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel