Cara Cek IMEI di Kemenperin IMEI

Bagaimana cara cek IMEI di Kemenperin IMEI? Untuk melakukan pengecekan IMEI di Kompenerin IMEI ini sebetulnya mudah sekali. Tetapi pada kenyataannya sampai sekarang masih banyak orang yang bingung dengan hal tersebut. Namun sekarang Anda tidak perlu khawatirkan masalah tersebut, sebab melalui artikel ini akan kami bagikan langkah mudahnya mengecek IMEI di Kompenperin IMEI. Jadi, simak ulasan berikut ini sampai selesai.

Baru – baru ini, Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) bersamaan dengan Kemenperin (Kementerian Perindustrian) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) lagi sibuk untuk siapkan peraturan baru dalam pemblokiran ponsel ilegal. Cara yang akan ditempuhnya adalah melalui validasi IMEI (International Mobile Equipment Identity). Penting sekali untuk Anda ketahui, bahwa IMEI adalah nomor identitas unik yang tentu saja memiliki peranan cukup penting sekali. IMEI dikeluarkan oleh GMS Association untuk masing – masing slot kartu yang dikeluarkan oleh produsen ponsel.

Cara Cek IMEI di Kemenperin IMEI


Lalu, bagaimana cara cek IMEI di Komenperin IMEI itu sendiri? Tenang, perlu Anda ketahui terlebih dulu bahwa apabila suatu ponsel punya slot SIM Card ganda, maka nanti akan ada dua buah nomor IMEI yang di miliki oleh perangkat tersebut. Tentu saja semua nomor IMEI yang ada aka di daftarkan ke Kemenperin IMEI pada saat sebuah ponsel akan dilakukan penjualan di pasar gadget Indonesia khususnya.

Kemenperin IMEI telah kumpulkan semua IMEI di masing – masing ponsel yang secara resmi ada dalam database. Mereka pun yang telah kembangkan sistem identifikasi ponsel ilegal yang diberikan nama sebagai DIRBS (Device Identification, Registration, and Blocing System).

Kabar terbarunya, saat ini Kemenperin IMEI tinggal menunggu data – data MSISDN (Mobile Subscriber Integrated Services Digital Network Number). Jadi, diharap agar semua operator Telekomunikasi agar segera memberikan data - data tersebut. Tujuan dilakukan hal ini tidak lain untuk identifikasi ponsel ilegal pada saat konsumen mengaktivasi nomor SIM Card. Tidak jauh berbeda dengan IMEI, MSISDN merupakan nomor identitas SIM Card.

Nanti operator selular hanya perlu memasangkan aplikasi pada sistemnya. Pada saat sebuah ponsel dihubungkan ke jaringan, maka seketika aplikasi tersebut akan memindai nomor IMEI perangkat. Sistem akan cek keabsahan IMEI tersebut ke sistem DIRBS Kemenperin IMEI. Apabila terdapat nomor IMEI yang tidak terdaftar, maka koneksi jaringannya akan diputus langsung.

Aturan tentang pemblokiran ini sendiri akan diberlakukan pada tanggal 17 Agustus mendatang. Akan tetapi sambil menunggu, Anda bisa lakukan pengecekan IMEI ponsel yang Anda miliki tersebut, apa memang sudah terdaftar di database Kemenperin IMEI atau tidak. Cara cek IMEI di Kemenperin IMEI sebagai berikut.

  • Pertama – tama, silakan siapkan dulu IMEI ponsel Anda. caranya, ketikkan *#06#, sektika nomor IMEI akan ditampilkan.

  • Alternatif lain, Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian Pengaturan atau Setting di ponsel Anda. Biasanya tertera pada bagian About Phone.

  • Kemudian, akses situs kemenperin.go.id/imei.

  • Masukkan saja kode IMEI di bagian yang tersedia.

  • Nanti akan muncul informasi tentang legalitas ponsel yang Anda miliki tersebut.

  • Apabila ponsel Anda memang sudah terdaftar, maka di layar akan tampil merek serta tipe ponsel Anda, beserta perusahaan yang telah mendistribusikan ponsel tersebut.

  • Tapi jika tidak, kemungkinkan ponsel yang Anda beli tersebut memang ilegal atau berstatus ponsel BM (Black Market).


Demikianlah cara cek IMEI di Kemenperin IMEI yang bisa kami bagikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek IMEI di Kemenperin IMEI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel