Cara Bikin SKCK dan SIM Online

Kemajuan teknologi saat ini menawarkan kemudahan bagi para pengguna internet, contohnya saja saat ini cara bikin SKCK dan SIM Online dapat dilakukan dengan mudah melalui internet. Dengan kemudahan yang ditawarkan, membuat beberapa masyarakat sangat menikmati kemajuan teknologi saat ini. Pasalnya pembuatan SKCK dan SIM secara manual lebih sulit dibandingkan dengan cara bikin SKCK dan SIM online. Dengan kemajuan teknologi segala sesuatu semakin dipermudah.

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk dapat membuat SKCK dan SIM secara online, jika Anda mengikuti tahapan-tahapan berikut dengan benar, maka akan mempermudah Anda dalam membuat SKCK atau SIM secara online.

Syarat Membuat SKCK Secara Online


Scan KTP / SIM

berkas yang harus dipersiapkan untuk dapat membuat SKCK secara online adalah dengan scan KTP atau SIM yang masih berlaku. Jika masa berlaku kartu identitas Anda sudah habis maka segera lakukan perpanjangan dahulu ya. Nah, kartu identitas yang di fotokopi alamatnya harus sesuai dengan domisili Anda sekarang ya.

Scan Kartu Keluarga

Selain kartu kartu identitas KTP atau SIM, maka untuk membuat SKCK secara online Anda juga harus melampirkan scan Kartu Keluarga. Kartu Keluarga ini bisa jadi rujukan jelas bagi pihak kepolisian untuk melihat rekam jejak diri Anda lewat anggota keluarga Anda.

Anda harus melampirkan scan kartu keluarga Anda yang paling baru. Jika ada pengurangan ataupun penambahan jumlah anggota keluarga, artinya Anda juga harus mengurusnya kembali.

Scan Akta Kelahiran

Catatan kelahiran juga diperlukan sebagai salah satu syarat untuk dapat membuat SKCK di kepolisian. Karenanya pastikan semua berkas penting Anda terarsip dengan baik.

Surat Pengantar Dari Kantor Kelurahan

Surat pengantar sangat diperlukan, dalam pembuatan SKCK termasuk SKCK online. Maka pastikan Anda sudah mengantongi surat pengantar dari kelurahan yang ditandatangani dan dicap basah lurah atau kepala desa setempat.

Biasanya mengurus surat pengantar ini tidak dipungut biaya alias gratis. Namun hal tersebut juga tergantung kebijakan dari masing-masing kelurahan.

Pas Foto 4x6 Sebanyak 6 Lembar

Untuk dapat mengurus pembuatan SKCK Online diperlukan pas foto 4x6 menggunakan background merah.

Cara Membuat SKCK Secara Online
  • Mengakses website skck.polri.go.id. jika sudah pilih menu formulir online SKCK kemudian klik Next Step.
  • Berikutnya Anda akan diarahkan ke menu pengisian data pribadi, mulai dari nama, NIK, wilayah Polres, sampai yang paling akhir adalah perintah upload foto. Ingat foto Anda harus ber-background merah dengan ukuran 4x6.
  • Setelah tahap kedua selesai akan diarahkan ke halaman baru. Di halaman ini Anda akan diminta untuk mengisi nama ayah dan ibu serta alamat tempat tinggal pekerjaan hingga nama saudara kandung.
  • Selanjutnya isi data pendidikan yang memuat nama sekolah, kota, serta tahun lulus sekolah.
  • Berikutnya akan ada kotak dialog yang menampilkan pertanyaan apakah Anda pernah terlibat dalam tindak pidana kriminal. Lalu klik next
  • Isi dengan jujur apakah tujuan Anda membuat SKCK apakah untuk keperluan pendidikan, pekerjaan, atau yang lainnya. Klik Next.
  • Terakhir, klik kirim Data untuk memastikan bahwa permohonan SKCK Anda terproses oleh sistem.
  • Jangan lupa mencatat kode atau nomor registrasi untuk dibawa ke loket Polsek/Polres guna ditukarkan dengan SKCK aslinya.
Cara Membuat SIM
  • Pertama langkah awal pada prosedur cara membuat SIM online ini, Anda harus membuka portal website resmi dari Polri yaitu di website http://sim.korlantas.polri.go.id.
  • Nanti, Anda akan disajikan beberapa menu. Pilih menu pendaftaran SIM online.
  • Kemudian Anda nanti akan ada 2 jenis permohonan. Untuk membuat SIM baru, Anda harus memilih jenis permohonan pembuatan SIM Baru. Isi formulir atau data permohonan SIM baru. Lalu ikuti alur pendaftarannya.
  • Jika sudah Input Kode verifikasi.
  • Nanti akan terkirim email otomatis bahwa sebagai bukti registrasi online telah selesai.
  • Setelah pendaftaran sukses, pemohon dapat langsung melakukan pembayaran di ATM, EDC, atau Teller di seluruh lokasi BRI.
  • Datang ke gerai SIM yang telah dipilih saat pendaftaran dan jangan lupa bawa surat keterangan dokter.
  • Tahapan yang berikutnya yaitu dengan melakukan identifikasi dan verifikasi data oleh pihak kepolisian yang berupa proses pengambilan foto, tanda tangan dan sidik jari.
  • Jika sudah, maka tahapan selanjutnya yaitu sobat tinggal menjalani ujian teori dan praktek. Jika dinyatakan lulus, maka SIM baru siap untuk dicetak dan hanya tinggal menunggu percetakan SIM selesai.
  • Umumnya untuk biaya pembuatan SIM dengan menggunakan prosedur cara membuat SIM online ini berkisar antara Rp 100 Ribu sampai Rp 200 Ribu.
Demikian cara bikin SKCK dan SIM online, dengan mengikuti langkah-langkah diatas, maka Anda akan dipermudah dalam membuat SKCK dan SIM secara online.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Bikin SKCK dan SIM Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel